ikarenakan kapasitas RAM laptop yang terlalu rendah atau pun kecil. Sehingga ketika Anda sedang menjalankan beberapa aplikasi di laptop secara bersamaan, maka yang terjadi RAM akan mengalami kekurangan kapasitas. Dengan  demikian permasalahan tersebutlah yang menjadikan kinerja laptop semakin berkurang.

  • Laptop Terserang Virus

Penyebab laptop sering lemot selanjutnya adalah karena laptop kerap terserang virus. Biasanya virus-virus ini bisa masuk, ketika Anda sedang mengunduh file-file melalui situs website yang kurang aman. Maka dari itu selalulah hati-hati dan teliti dalam mengunduh file. Jangan lupa untuk memasang sistem pengaman seperti antivirus yang berkualitas, demi melindungi perangkat Anda.

  • Hardisk  yang Sudah Berumur

Ketahuilah bahwa hardisk merupakan salah satu hal yang vital didalam sebuah laptop. Hardisk laptop yang sudah berumur juga menjadi salah satu sebab mengapa laptop sering menjadi lemot. Biasanya umur hardisk yang sudah terlalu tua, menyebabkan kinerja hardisk tidak dapat berfungsi dengan baik. Maka dari itu, cobalah untuk membawa laptop ke tempat service, agar dapat dilakukan pengecekan.

  • Jarang Mengupdate Software

Jarang mengupdate software juga menjadi salah satu faktor penyebab laptop sering lemot. Karena laptop selalu membutuhkan pembaruan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan pada sistem operasinya. Oleh itu, mengapa penting sekali rutin mengupdate software pada laptop.   

  • Laptop Terlalu Panas

Laptop yang terlalu lama digunakan atau melebihi batas pemakaian, biasanya akan cepat memanas, jika sudah memanas, maka proses pemakaiannya pun menjadi tidak bisa stabil, alias lemot. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakannya dengan sewajarnya dan jangan menjalankan aplikasi secara bersamaan ketika laptop sedang beroperasi.

  • Banyak Sampah

Sampah yang terlalu menumpuk dan tidak pernah dihapus juga menjadi salah satu penyebab laptop sering menjadi lemot. Maka dari itu, disarankan untuk selalu rutin menghapus file yang sudah tidak diperlukan lagi, agar kinerja laptop dapat berjalan dengan baik.

Tips Mengatasi Laptop Lemot Windows 10

Setelah mengetahui sejumlah faktor-faktor penyebab dari laptop lemot. Berikut ini terdapat beberapa cara mengatasi laptop lemot windows 10 yang bisa dilakukan secara sendiri. Simaklah dengan teliti agar nantinya Anda tidak kesusahan saat menerapkannya.

1. Uninstall Aplikasi yang Tidak Dipakai

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi laptop lemot windows 10 yaitu dengan menguninstall aplikasi yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Dengan Anda menghapus aplikasi-aplikasi yang sudah tidak diperlukan tersebut, maka performa laptop Anda bisa kembali stabil seperti semula. Semakin banyak aplikasi di dalam laptop maka akan memperberat kinerja laktop itu sendiri. Nah, berikut ini langkah-langkah mudahnya yang bisa diikuti.

  • Tab menu “Start”
  • Scroll terus ke bawah, carilah aplikasi-aplikasi yang ingin di uninstall
  • Kemudian klik kanan ikon aplikasi tersebut, lalu klik opsi “Uninstall”
  • Terakhir, konfirmasi kembali dengan mengklik opsi “Uninstall”

Selain melalui menu Start, menguninstall aplikasi di laptop juga bisa dilakukan melalui menu pengaturan atau setting. Berikut ini langkahnya.

  • Sama seperti cara diatas, buka menu “Start”
  • Sesudahnya pilih “settings Apps beserta Features” lalu tab
  • Berikutnya cari aplikasi mana yang ingin di uninstall
  • Lalu klik “Uninstall pada ikon aplikasinya
  • Terakhir verifikasi, lalu klik “Uninstall” kembali, selesai.

2. Pasang Antivirus

Cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi laptop yang lemot adalah dengan memasang antivirus. Antivirus ini nantinya berfungsi untuk mencegah masuknya virus-virus malware kedalam perangkat Anda. Carilah antivirus yang sudah berstatus legal, supaya nantinya mampu memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi. Dengan begitu Anda tidak perlu terlalu khawatir lagi, akan adanya virus malware masuk ke perangkat Anda.

3. Update Windows

Cara ketiga yang bisa dicoba untuk mengatasi laptop yang lemot yaitu dengan mengupdate windows laptop tersebut, ke windows terbaru. Biasanya sistem laptop yang tidak stabil dapat mengganggu performa kinerja laptop, sehingga laptop pun menjadi sering lemot, macet, bahkan hingga mati sendiri. Untuk itu, cobalah rutin melakukan update windows laptop Anda, supaya laptop tetap stabil bekerja sesuai dengan porsinya.

Namun, sebelum melakukan update windows, ada baiknya lakukan pencadangan seluruh data-data penting Anda terlebih dahulu. Proses update windows ini umumnya bisa dilakukan secara sendiri atau pun dibawa ke tukang service laptop. Bagi Anda yang ingin tahu proses update windows secara sendiri, bisa simak penjelasannya dibawah ini.

  • Langkah pertama adalah dengan membuka menu pengaturan atau Setting
  • Dilanjut dengan membuka menu Update dan Security
  • Tahap berikutnya bukalah menu Windows Update
  • Setelah itu, klik opsi Check For Update untuk mengetahui windows versi terbaru
  • Jika ada windows versi terbaru, maka lakukanlah update windows
  • Ikutilah arahan-arahan yang sudah diberikan, hingga selesai.

4. Menambah Kapasitas RAM

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop yang lemot adalah dengan menambah kapasitas RAM laptop. seperti yang sudah disinggung diatas, biasanya RAM laptop yang terlalu kecil, tidak mampu menjalankan seluruh aplikasi dan juga tidak bisa menampung data-data yang terlalu besar dan banyak. Maka dari itu disarankan untuk menambah kapasitas RAM laptop.

Perlu diingat, sebelum Anda melakukan penambahan kapasitas RAM laptop, ada baiknya Anda lakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap spesifikasi RAM baru yang akan digunakan ke laptop Anda nanti, apakah sudah sesuai dengan sistem laptop dan aplikasi-aplikasi didalam laptop Anda.

Nah, itulah sejumlah cara mengatasi laptop lemot windows 10 yang bisa diketahui dan diterapkan. Pastikan untuk selalu lebih teliti dan rutin dalam merawat laptop, jika ingin kinerja laptop tetap bagus dan tidak mudah nge-lag. Semoga langkah-langkah diatas bisa membantu meringankan permasalahan Anda tersebut.

Comments are closed.